Kamis, 02 April 2015

Pengertian BodhiLinux

Bodhi Linux adalah distribusi Linux kelas ringan, dibangun menggunakan Ubuntu Linux sebagai landasan dan memanfaatkan Enlightenment sebagai window manager. Bodhi Linux diciptakan oleh pengembang Jeff Hoogland asal Amerika.
Filosofi yang dianut distribusi ini adalah untuk menyediakan sistem dasar minimalis, agar pengguna memiliki kebebasan mengisinya dengan perangkat lunak aplikasi yang mereka inginkan. Dengan demikian, secara default Bodhi Linux hanya menyediakan perangkat lunak yang bagi sebagian besar pengguna Linux paling penting saja, antara lain termasuk: browser file (EFM), web browser (Midori) dan terminal emulator (Terminology).
Bodhi Linux tidak memasukkan perangkat lunak atau fitur yang menurut pengembangnya dianggap tidak perlu. Bodhi membuat pengisian (instalasi) software baru semudah mungkin, dan memelihara repositori (database online) yang berisi koleksi software ringan yang dapat diinstal dalam satu klik menggunakan apturl. Pengembangnya menggunakan bahasa pemrograman C untuk pengelola jendela (window manager) Enlightenment dan perkakasan (tools) yang dikembangkan khusus untuk memenuhi kebutuhan Bodhi Linux.
Bodhi Linux jalan dengan baik pada komputer lanjut usia (kompula) dengan sistem hardware minimal mengandung 128 MB RAM, 1.5 GB spasi hard-disk, dan 300 MHz processor. Menggunakan Enlightenment DR17, Bodhi sudah bisa menyediakan efek desktop yang kaya animasi, tanpa perlu bantuan hardware yang canggih. Bodhi menyediakan efek desktop kaya dan animasi yang tidak memerlukan perangkat keras komputer yang tinggi. Bodhi Linux bahkan jauh lebih cepat dibandingkan Ubuntu. Untuk tampilan juga disediakan wallpaper dan tema yang dapat didownload di http://art.bodhilinux.com/, serta modul-modul yang dapat diload untuk menangani tampilan dan system
Bodhi Linux
Bodhi Linux Team
Keluarga
Status terkini
Current
Model sumber
Rilis perdana
2.2.0 / 4 Januari 2013; 2 tahun yang lalu
Ketersediaan bahasa
English
Metode pemutakhiran
APT (front-ends available)
Pengelola paket
dpkg (front-ends like Synaptic available)
Dukungan platform
Jenis kernel
Antarmuka bawaan
Mainly the GNU GPL and various free software other licenses / plus proprietary binary blobs.
Situs web resmi


                                                                              
Beberapa Tampilan BodhiLinux




0 komentar: